cara install CISCO IOU di gns3

Image result for gns3 

assalamualaikum wr wb
para opreker disini saya akan share nihhh tentang cara install CISCO IOU hehehehe pasti udah pada tau nihh cisco iou itu apa hehehehe opreker pasti tau lahh :D nahh sekarang lanjut ke tutorial cisco iou kita lets go lagi semangat nihh 

alat dan bahan yang harus di persiap kan :

1.GNS 1.3.X (yang saya gunakan versi gns3 1.3.3)
   DOWNLOAD
2.VIRTUAL BOX (untuk versi sesua selera aja :D tapi yang belum ada saya sediakan link dehhh :D )
3.CISCO IOU VM ( untuk cisco iou harus satu versi dengan gns nya tapi saya udah sediakan :D )
  DOWNLOAD 
4.CISCO IOU IMAGES ( IOS SWITCH NYA :D heheheh)
  A. L2
  B. L3
5.LICENSE
  DOWNLOAD  

penampaka alat dan bahan :


mantaps hehehehe kita lets go konfig CISCO IOU hehehe

langkah langkah :
1.buka virtual box 
   FILE => IMPORT

2. buka directory dan pilih CISCO IUO VM 


3.ini spesifikasi yang akan di install kan 
  
NOTE : untuk ram bisa di sesuai kan

4.untuk dapat kita remote via web nantinya kita seting dulu network adafter pada virtual box nya saya pake network HOST-ONLY ADAFTER tetapi bisa juga memakai BRIDGE ADAFTER asalkan nantinya satu network saja hehehehe:D


5. Buka VM CISCO IOU nya yang tadi sudah di import ke Virtual box
login :root
password:cisco

6.konfigurasi ip address pada laptop kita di network VIRTUAL HOST-ONLY ADAFTER satu network kan sama yang di laptop kita :D
  

7.Buka web Browser kita sesuai selera saya pake mozzilla hehehehe :D dan ketik ip address VM CISCO
   IOU dan ketik di address bar web browser anda 192.168.56.102:8000 <= IP CISCO IOU VM


8.upload IOS IOU IMAGE yang sudah di download tadi nanti ini digunakan untuk path gns3

9.buka gns3 yang sudah install tadii brohhh hehehe:D dana kita lanjut ke penginstallan CISCO IOU
   KLIK TAB EDIT=>PREFERNCE

10.KLIK TAB SERVER
     HOST BINDING : ip laptop kita
     PORT :8000 TCP

11.KLIK TAB IOS ON UNIX=>IOS DEVICES
     nahh disini mulai mulai ada berbau final nihhh hehehehe :D

12. nahhh yang RUN ON SERVER = PASTIKAN ITU IP CISCO IOU VM DI VIRTUAL BOX
      KLIK NEXT

13.NAME: sesuai selera ehehehe
     IOU IMAGE :PATH PADA YANG SUDAH KITA UPLOAD
    


14.selesai sudahhh sekaragang kita tinggal kita test hidup kan mesin dan consoe dahhh 


alhamdulillah tugas saya pun selesai dari PAK DANU WIYOTO BESTPATH-NETWORK dengan tugas CISCO IOU nahhh sekarang CISCO IOU nya dapat kita operasikan sesuai yang kita harap sekian dari saya semoga bermanfaat terimakasih 
                                                             SALAM DARI SAYA
                                                                ADIT ILHANDI
                                                          BEST-PATH NETWORK

Comments

Popular posts from this blog

kumpulan game ps1 high compresed

ISTILAH ISTILAH TELKOM

how to solving KVM permission denied in GNS3 linux